Pengunjung, sejak

01 Desember 2014

 

pageview:

Free Counter

 

 

Unique Visitors:

Free Counter

 




Lokasi

Lokasi

Luas, Letak, dan Batas-batas Kawasan

Berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan  No.576/Kpts-II/1998 tanggal 3 Agustus 1998, luas kawasan TNLW adalah 47.014,00 ha yang secara geografis terletak diantara  120˚03’-120˚19΄ BT dan 9˚57΄- 10˚11΄ LS.  

Kawasan TNLW berada di dalam wilayah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Secara administrative kawasan ini terletak di 4 (empat) wilayah kecamatan, yakni: Kecamatan Tabundung, Pinu Pahar, Karera, dan Matawai Lapau.  Kawasan TNLW berbatasan langsung dengan wilayah pemukiman dan budidaya dari 16 (enam belas) desa pada empat wilayah kecamatan tersebut. Batas-batas luar kawasan TNLW  adalah sebagai berikut:

·      Sebelah Utara       :   Desa Katikutana,  KecamatanMatawai Lapau; Desa Billa dan Waikanabu, Kecamatan Tabundung.

·      Sebelah Selatan    :   Desa Nggongi dan Desa Praimadita,Kecamatan Karera; Desa Wanggabewa dan Lailunggi, Kecamatan Pinu Pahar.

·      Sebelah Barat       :   Desa Wudi Pandak, Praingkareha, Kecamatan Tabundung; Desa Wahang Kecamatan Pinu Pahar.

·      Sebelah Timur      :   Desa WanggametiKecamatan Matawai La Pawu; Desa Nangga dan Tandulajangga, Kecamatan Karera

Dari ke-16 desa yang berada di sekitar kawasan TNLW, di dalamnya termasuk dua desa di dalam kawasan, yakni adalah Desa Ramuk, Kecamatan Pinu Pahar dan Desa Katikuwai Kecamatan Matawai Lapau.  Kedua wilayah desa tersebut berstatus enclave pada kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.