Pengunjung, sejak

01 Desember 2014

 

pageview:

Free Counter

 

 

Unique Visitors:

Free Counter

 




Wisata

Wisata

 

Air terjun

 

Perpaduan beberapa tipe ekosistem dengan bentang alam yang berbukit terjaldan lembah yang dalam, merupakan pemandangan alam yang eksotis khas Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.  Panorama yang eksotis ini dapat dinikmati melalui paket kegiatan wisata jelajah rimba dan pendakian. Beberapa pintu masuk atau titik pemandangan yang paling ideal untuk menikmati keindahan panorama eksotis TNLW tersebut antara lain: Desa Nangga, Desa Wanggameti, Dataran Tinggi Katikuwai, dan Puncak Wanggameti. 

 

Selain obyek panorama bentang alam, juga terdapat obyek-obyek khusus, seperti : Danau Laputih, Air Terjun Laputi, Air Terjun Waikanabu dan Air Terjun Wanggameti. Danau Laputi dan Air Terjun Laputi terdapat di Desa Praingkareha, Kec.Tabundung.  Obyek ini sudah cukup dikenal dan banyak dikunjungi oleh masyarakat Sumba Timur.  Air Terjun Waikanabu terletak di Desa Waikanabu, Kec. Tabundung. 

 

Kekayaan flora-fauna merupakan obyek yang memiliki daya tarik bagi kegiatan wisata alam di TNLW.  Obyek kekayaan jenis tumbuhan dan satwa yang paling menarik untuk dinikmati adalah  burung Kakatua Jambul Jingga dengan pohon-pohon sarangnya yang khas dan burung Rangkong Sumba.  Kedua jenis tersebut sulit untuk ditemukan di luar TNLW.  Selain itu terdapat berbagai jenis burung yang keindahannya dapat dinikmati melalui kegiatan wisata bird watching.  Lokasi ideal untuk kegiatan bird watching tersebut adalah Desa Praing Kareha, Kec. Tabundung.   

 

 Budaya dan kehidupan tradisional masyarakat Sumba di sekitar kawasan TNLW yang sangat dekat dengan alam merupakan obyek dan daya tarik wisata lainnya yang terdapat di TNLW.  Beberapa obyek dan daya tarik wisata budaya masyarakat di sekitar kawasan TNLW antara lain: kuburan kuno, rumah adat Sumba, dan upacara penguburan adat Marapu.